2008/08/25

gegar bahasa!!!

Lagi** hal nggak penting kutulis...
tapi ini lumayan penting untuk kemaslahatan umat manusia (halah!)

Mungkin... selama 17 tahun lebih hidupku ini... aku mengalami gegar bahasa yang luar biasa....
dalam sehari aku memakai empat bahasa sekaligus,,bayangkan!!!
  1. bahasa Indonesia (itu sudah pasti)
  2. bahasa Jawa bag tengah
  3. bahasa Jawa bag timur (apa bedanya ma tengah!? Oops,,jangan salah,,beda agak jauh lo,,apalagi logatnya)
  4. bahasa Manado

Waaah,,benar-benar deh... kadang** aku memakai bahasa no 3 & 4 saat berbicara dengan temanku (keceplosan gitu)... mereka pun bertanya-tanya... nggak mudeng gitu...
Contohnya...

kadang aku mengatakan kata be'e .... lalu semua bertanya... apa itu???
BE'E adalah bahasa jawa timuran yang artinya mungkin

lalu pernah aku berkata depe ... mereka mengira aku ngomongin duit panjer... PADAHAL....
DEPE itu bahasa Manado,,singkatan dari 'Dia Punya',,yang artinya barang miliknya.... example..
depe doi' artinya uang miliknya

sebenarnya,,sudah agak lama aku nggak makai bahasa Manado (secara aku di sana cuma lima tahun, itu pun 12 tahun yang lalu) tapi.. begitu sepupuku dari Manado pindah ke Semarang... kebiasaan itu muncul begitu saja... datang nggak dijemput... pulang nggak dianter...
jadi kalau lagi ngumpul logatnya bisa berubah**

Kalau ngumpul sama keluarga bapakQ pakenya bahasa Indonesia+Jawa Timuran (Madiun Asli)+Jawa Tengahan (domisili tempat tinggal)
Kalau sama keluarga ibuQ pakenya bahasa Indonesia+Jawa Timuran (Malang asli)+Manado (domisili tempat tinggal juga)

Jadi.... jangan heran kalau kadang (atau sering) omonganku jadi aneh sendiri...
semua itu...
akibat dari GEGAR BAHASA!!!!

1 comment:

Anonymous said...

wah .. keren jua yah kmu mbak .. ic 4 bahasa ..
neg diriqiu bisane :
1.bahasa indonesia (yaiyalah ..)
2.jawa(lumayan iso .. UHT dapet 88 hlu ^^)
3.inggris (rodo ngeh-lah neg ada sing ngomong ..)
4.jepang(isolah neg cma perkenalan n hal" dasar)
5.bahasa binatang (dipelajari d D'Art)